Perencanaan Materi Bahan Pembelajaran

Bookmark and Share
1. Pengertian materi, sumber, sifat dan jenis materi pembelajaran
A. Pengertian Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran atau materi ajar (Intructional materials) adalah pengetahuan sikap dan keterampilan yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan.
B. Jenis-jenis Materi Pembelajaran
1. Pengetahuan, meliputi: a. Fakta adalah kebenaran yang dapat diterima oleh nalar dan sesuai dengan kenyataan yang dapat dikenali dengan panca indera. Fakta diperoleh dengan cara:
- Memperoleh sendiri dari sumber aslinya. Fakta didefinisikan dengan cara menggambarkan atau menafsirkan dari sumber yang asli

- Fakta yang diperoleh dari orang yang mengidentifikasi dengan jalan menyusunnya dalam bentuk interaksi reasoning (Penalaran Abstrak)
 b. Konsep adalah hasil penyimpulan tentang suatu hal berdasarkan atas adanya ciri-ciri yang sama pada hal tertentu. Konsep ada kalanya berkaitan dengan sesuatu obyek, sesuatu peristiwa atau berkaitan dengan manusia. Strategi pencapaian konsep: - Strategi pemilihan - Strategi penerimaan
c. Prinsip adalah suatu pernyataan yang menjelaskan tentang hubungan antara dua konsep atau lebih istilah prinsip kadang-kadang disebut juga dengan aturan atau generalisasi.
2. Prosedur, yaitu materi pembelajaran yang berupa langkah-langkah melakukan suatu kegiatan secara berurut aslinya
3. Keterampilan adalah melakuakan suatu jenis kegiatan tertentu. Keterampilan ada 3 macam: 1) Rangkaian respon atau reaksi, yaitu merupakan rangkaian gerakan-gerakan yang meliputi urutan tertentu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu 2) Koordinasi gerakan, yaitu seseorang dituntut untuk memadukan sejumlah anggota badan untuk melakaukan suatu pekerjaan 3) Pola-pola respon atau reaksi, yaitu berkaitan dengan keterampilan mengorganisasi seluruh keterampilan yang dimiliki dalam mereaksi rangsangan, sehingga dapat dipertunjukan suatu respon baru dalam mereaksi rangsangan 4. Sikap atau nilai yaitu berkaitan dengan sikap atau interes (minat) siswa mengikuti materi pembelajran yang disajikan guru, nilai-nilai berupa apresiasi (penghargaan ) terhadap sesuatu dan penyesuaian perasaaan sosial. Materi pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yaitu: a. Materi pembelajaran utama, yaitu materi pembelajaran pokok yang menjadi rujukan wajib (compulsory learning resources) dalam suatu rangkaian kegiatan pembelajaran. b. Materi pembelajran penunjang (suplementary reading materials) yaitu materi sekunder atau tersier yang keberadaannya sebagai pelengkap dan pengayaan.
C. Sifat Materi Pembelajaran a) Materi pembelajaran bersifat umum yang berisi hal-hal yang harus dimiliki oleh seluruh siswa b) Materi pembelajaran bersifat khusus yaitu yang diperlukan untuk kepentingan tertentu c) Materi pembelajaran bersifat deskriptif yang berisi fakta-fakta dan prinsip-prinsip d) Materi pembelajaran yang bersifat normatif yang berkaitan dengan norma-norma, peraturan, moral dan estetika.
 D. Sumber Pembelajaran Adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat atau rujukan dimana bahan pembelajaran bisa diperoleh. Sumber belajar dapat berasal dari masyarakat atau lingkungan dan kebudayaan. Misalnya: manusia, buku, media masa, museum dan lain-lain. 2. Hal-hal yang Menjadi Pertimbangan dalam Menentukan materi Pembelajaran. Pengembanagan materi pembelajaran yang akan dipelajari siswa memerlukan dasar pertimbanagan yang teliti , karena sekolah sebagai lembaga yang akan mengantarkan siswa menuju kejenjang kedewasaan yang mencakup berbagai segi: - Kedewasaan materi pada umumnya ditandai oleh kematangan dalam segi biologis (kedewasaan fisik). - Kedewasaan mental menunjukkan kepada kematangan emosional. - Kedewasaan sosial ditandai oleh adanya kemampuan untuk hidup secara mandiri. 4.5

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar