Skeleton / Rangka Apendikuler : Struktur dan Fungsi

Bookmark and Share
Struktur dan Fungsi Skeleton Apendikuler / Rangka Apendikuler - Skeleton apendikuler terdiri atas tungkai atas (tulang anggota depan) dan tungkai bawah (tulang anggota belakang). Tungkai atas berhubungan dengan tulang aksial pada bahu. Bahu manusia tersusun atas tulang selangka dan tulang belikat. Tungkai atas dan tungkai bawah tersusun atas beberapa tulang seperti Gambar 1. Coba sebutkan tulang-tulang pembentuk tungkai atas dan tungkai bawah. 
Tulang tungkai atas bawah
Gambar 1. Tulang tungkai atas dan bawah
Tungkai bawah berhubungan dengan tulang aksial pada gelang panggul. Gelang panggul terdiri atas tulang sakrum yang merupakan persatuan enam ruas tulang, yaitu sepasang tulang usus kiri kanan, sepasang tulang duduk, dan sepasang tulang kemaluan. Coba perhatikan Gambar 2. Mengapa bentuk tulang panggul pria dan wanita tidak persis sama?

Tulang panggul wanita pria laki-laki
Tulang panggul pria dan wanita
Struktur tulang panggul sesuai untuk berdiri tegak di atas kedua kaki. Hewan dengan tubuh yang disangga oleh kedua tungkai bawah disebut bipedal. Pada hewan berkaki empat, tubuh disangga oleh tungkai atas dan tungkai bawah, disebut kuadripedal.

Anda sekarang sudah mengetahui Struktur dan Fungsi Skeleton Apendikuler / Rangka Apendikuler. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar