Struktur dan Fungsi Jaringan Epitelium Kelenjar pada Hewan

Bookmark and Share
Struktur dan Fungsi Jaringan Epitelium Kelenjar pada Hewan - Di dalam jaringan epitelium kelenjar terdapat selsel khusus yang mampu menghasilkan getah cair atau sekret. Pada umumnya, epitelium kelenjar dikhususkan untuk pembuatan, penyimpanan, dan sekresi zat-zat kimia. Semua kelenjar secara embriologis berasal dari jaringan epitelium. Dua macam kelenjar utama adalah kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin.

1. Kelenjar eksokrin

Kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang mempunyai saluran pengeluaran untuk menyalurkan hasil sekresinya yang dapat berupa enzim, keringat, dan air ludah. Kelenjar eksokrin dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan banyaknya sel penyusunnya, yaitu uniselular dan multiselular. Kelenjar eksokrin uniselular contohnya sel goblet yang merupakan sel epitelium penghasil mucus. Sel goblet terdapat pada lapisan usus halus dan saluran pernapasan. Kelenjar eksokrin uniselular tersusun atas satu sel, sedangkan kelenjar eksokrin multiselular tersusun atas banyak sel, misalnya kelenjar keringat, kelenjar susu, dan lain-lain. Macam dan contoh kelenjar eksokrin dijelaskan dalam Tabel 1. berikut.

Tabel 1. Kelenjar-Kelenjar Eksokrin Beserta Letaknya

No.
Kelenjar Eksokrin
Letak
1.
Kelenjar alveolar sederhana
Kelenjar mucus dan Kelenjar racun pada kulit katak
2.
Kelenjar alveolar bercabang sederhana
Pada kulit
3.
Kelenjar tubuler sederhana
Kelenjar liberkulin pada dinding usus
4.
Kelenjar tubuler bergelung sederhana
Kelenjar keringat pada kulit
5.
Kelenjar tubuler bercabang sederhana
Kelenjar fundus pada dinding lambung
6.
Kelenjar tubuler majemuk
Kelenjar brunner pada usus dan Kelenjar susu
7.
Kelenjar alveolar majemuk
Kelenjar susu (glandula mammae)
8.
Kelenjar tubulo alveolar majemuk
Submaksilaris pada rahang bawah


2. Kelenjar endokrin

Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang mempunyai sel-sel sekresi yang khas dan tidak mempunyai saluran. Sekret yang dihasilkan langsung masuk ke cairan jaringan dan ke pembuluh darah sehingga kelenjar endokrin disebut juga kelenjar buntu. Sekret yang dihasilkan disebut hormon. Contoh kelenjar endokrin adalah kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, dan adrenal.

Anda sekarang sudah mengetahui Struktur dan Fungsi Jaringan Epitelium Kelenjar pada Hewan. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar